Senin, 17 Desember 2018

PRA DIKLATSAR KOPMA UNJ 2018

KOPMA UNJ
PRESS RELEASE

PRA DIKLATSAR KOPMA UNJ 2018
“Membentuk kader KOPMA UNJ yang berkarakter sesuai dengan jatidiri Koperasi.”



Telah diselenggaran PRA DIKLATSAR KOPMA UNJ 2018 sebagai program kerja dari PSDA KOPMA UNJ 2018, sebagai rangkaian dari DIKLATSAR KOPMA UNJ.

PRA DIKLATSAR merupakan sebuah kegiatan untuk para anggota baru maupun anggota lama yang belum mengikuti DIKLATSAR (Pendidikan tingkat dasar), untuk mengembangkan dirinya dalam segi mental dan berbagai aspek lainnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupannya baik dikampus maupun dalam lingkungan masyarakat nantinya.

PRA DIKLATSAR mempunyai tema yang sama seperti DIKLATSAR, yaitu “Membentuk kader KOPMA UNJ yang berkarakter sesuai jati diri Koperasi.” Pra Diklatsar  dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 November 2018 di Aula Daksinapati Universitas Negeri Jakarta.Menghadirkan anggota-anggota baru dan anggota lama yang antusias mengikuti jalannya acara.Pra Diklatsar kali ini dihadiri oleh  30 orang peserta, 28 orang panitia,29 orang Pengurus KOPMA UNJ, 3 orang Badan Pengawas KOPMA UNJ,dan  1 orang alumni.Pada Pra Diklatsar kali ini menghadirkan dua pemateri yang luar biasa, yang pertama ada Kak Berta Dian Theodora dan Kak Ihsan dari Asosiasi Koperasi Mahasiswa.

Acara dimulai pada pukul 09.04 WIB, dipimpin oleh 2 MC yaitu, Kak Intan & Kak Halimatussadiyah. Selanjutnya dibacakan tilawah dan saritilawah oleh Kak Guntur, lalu seluruh peserta dan panitia diminta berdiri untuk sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Kak Nur Fauziyah.Sambutan oleh Kak Abdul Rahman Hakim selaku Ketua Pelaksana mengawali sambutan pada Pra Diklatsar, dilanjut sambutan oleh Kak Saikhudin selaku Ketua Umum KOPMA UNJ.

Lalu materi pertama oleh Kak Berta mengenai kepemimpinan dasar dimulai pada pukul 09.53  sampai pukul 11.07 WIB.Kak Berta membawakan materi kepemimpinan yang mengajarkan kepada semua yang hadir bahwa setiap orang adalah pemimpin, seminimalnya adalah pemimpin bagi dirinya sendiri.Setiap orang punya gaya kepemimpinan yang berbeda, setiap gaya kepemimpinan punya kelebihan dan kekurangan.Hanya tinggal kita yang memposisikan diri bagaimana harus bertindak dengan seseorang yang punya gaya kepemimpinan tertentu.Lalu pada pukul 11.07 sampai pukul 11.22 WIB dibuka sesi tanya jawab, ada beberapa peserta yang bertanya tentang “Kadang saya pikir saya orang dengan gaya kepemimpinan Demokratis, tapi pada saat mood saya tidak baik saya merasa bahwa saya seorang yang Otoriter.” Dan ada beberapa lainnya.


Setelah selesai sesi tanya jawab, pada pukul 11.22 sampai pukul 11.40 WIB diadakan ice breaking dengan maksud agar para peserta lebih fresh untuk menerima materi  peserta dan seluruh panitia diarahkan untuk ISOMA sampai pukul 12.39 WIB.

Pada pukul  12.39 WIB acara dilanjutkan kembali, dengan materi kedua oleh Kak Ihsan mengenai kewirausahaan, Kak ihsan menyampaikan materi sambil berjalan kesana kemari, karena kursi peserta diubah menjadi letter U , lalu ia juga bercerita mengenai usahanya dulu yang ditolak dimana-mana, kalau sebagai seorang wirausahawan harus punya yang namanya Mental Block , yang mana artinya adalah siap ditolak, siap tertolak, punya mental sekeras batu, yang mana nantinya sebuah penolakan menjadi sebuah hal yang biasa, tidak membebani pikiran maupun hati, kurang lebih begitu maksudnya.Penyampaiaan materi kedua oleh Kak Ihsan selesai pada pukul 13.32 WIB.Lalu ada sambutan oleh Dosen Pembimbing yaitu Ibu Marsofiyati, S.Pd M.Pd pada pukul 13.32 sampai pukul 13.43 WIB.Lalu dilanjut sesi tanya jawab oleh Kak Ihsan pada pukul 13.43 sampai pukul 14.29 WIB.

Materi kedua selesai, dilanjut dengan agenda Review materi dari peserta pada pukul 14.29 sampai pukul 14.33 WIB.Dilanjut dengan pengumuman penugasan terbaik MAPAN. Lalu ada sosialisasi mengenai penugasan kewirausahaan yang dipandu oleh Kak Maulida dan MC.Dilanjut dengan doa & penutup oleh Kak Nur Rokhmat dan MC.Dilanjut dengan sesi foto bersama, dan yang terakhir ada kumpul dengan masing-masing mentor untuk membahas rancangan kewirausahaan dengan modal yang sudah diberikan.

Berikut beberapa dokumentasi acara PRA DIKLATSAR KOPMA UNJ 2018 :
(Registrasi Peserta)

(Peserta dan Master of Ceremony)

(Penyampaian Materi)

KOPMA UNJ / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib